Sabtu, 28 November 2009

Teori abiogenesis

Abiogenesis

Berasal dari kata A = Tidak, Bios = hidup dan Genesis = Kelahian. Abiogensis adalah sebuah istilah tentang asal-usul kehidupan di bumi yang menyatakan bahwa sesuatu yang menghasilkan zat hidup berasal dari bahan yang tidak hidup, atau sebagai generasi spontaeo. Merupakan suatu teori yang menyatakan bahwa mikroorganisme atau oraganisme yang lebih tinggi dapat terjadi dari materi yang tidak hidup. Teori ini di dukung oleh, Teori Urey (Harold Urey, 1893), Teori Oparin (Al Oparin, 1936), Percobaan StanleyMiller (1953) dan percobaan Shilly B. Foks.

Teory Urey

Harold Urey Adalah seorang ahli kimia Amerika Serikat yang berpendapat bahwa atmosfer bumi pada suatu saat kaya akan molekul-molekul CH4 (metana) NH3 (ammonia) H2 (hydrogen) H2O (air) dalam bentuk gas. Adanya energi yang berasal dari aliran listrik halilintar dan radiasi sinar kosmis, molekul-molekul tersebut mengadakan reaksi kimia membentuk zat-zat hidup; zat hidup yang mula-mula kira-kira seperti virus sekarang, zat hidup ini setelah berjuta-juta tahun berkembang menjadi berbagai organisme.

Foto Harold Urey

Selain teori Urey, masih ada beberapa teori lain yang mendukung teori abiogensis, yaitu percobaan stanley miller, pecobaan Shilly B. Foks dan Teori Oparin. Semoga bisa di tulis di kesempatan lain.

Teori Abiogensis ini biasanya merupakan bab pendahuluan sebelum mempelajari sel baik mata pelajaran biologi di sekolah ataupun pada mata kuliah biologi sel. Lawan dari teori abiogenesis adalah teori biogenesis.

2 komentar:

  1. terimakasih atas penjelasannya, kata-katanya mudah dipahami,,

    BalasHapus
  2. Teori ini bertahan sampai berapa lama yah?
    Salam dari blogger Nusantara

    BalasHapus