Jumat, 14 Oktober 2011

Lancar Kaji Karena di Ulang

Lancar Kaji karena di Ulang, pernah dengar pepatah tersebut?. Guru atau orang tua tentunya cukup sering mengeluarkan pepatah lama tersebut bagi anak maupun peserta didiknya dalam proses belajar mengajar. Isi dari pepatah tersebut secara sederhana dapat di terjemahkan bahwa untuk bisa menghafal atau memudahkan mengingat sesuatu kuncinya adalah dengan mengulang. Pengulangan adalah cara yang banyak di anjurkan oleh para ahli untuk memudahkan proses belajar contohnya menghafal.

Semasa sekolah beberapa pernah disuruh oleh guru menghafal nama ilmiah tumbuhan tentunya tidak semua murid bisa mengingat nama-nama ilmiah yang saat itu tentu belum familiar. Nah sebenarnya nama-nama ilmiah tersebut tidak perlu harus di hafal karena jika kita sering membuka buku pelajaran dimana sering kali disisipkan nama-nama ilmiah tumbuhan ataupun hewan maka secara otomatis kita akan ingat dengan sendirinya tanpa perlu menghafal secara khusus. Inilah makna Lancar Kaji Karena di Ulang, jika kita sering mengulang sesuatu maka kita bisa mengingat atau melakukannya dengan baik.

Sebagai contoh lain adalah saat belajar bersepeda, rasanya setiap orang yang saat ini belajar bersepeda tidak langsung bisa melainkan setelah mengalami proses pengulangan mencoba (belajar) hingga bisa. Walaupun usaha tersebut tentu saja sering mengalami kegagalan sebelum sukses. Intinya semakin sering mengulang semakin melekat dalam diri kita, jika itu sesuatu yang di ingat maka akan terus berada di dalam otak namun jika itu skil maka akan semakin mahir kemampuan skillnya.

Oleh karena itu jangan takut kalau kamu tidak secerdas teman-teman yang lain, jika orang yang lebih cerdas hanya perlu mengulang beberapa kali mungkin yang sedikit kurang cerdas perlu mengulang belasan kali, selama kamu tetap mencoba kamu tidak akan kalah dari "Albert Einstein"atau Thomas Alva Edison.



ImageChef Custom Images

Tidak ada komentar:

Posting Komentar